19 March 2016

Cara Sederhana Membuat Cheesecake

Intro: Sudah dua tahun aku dan suami (dulunya masih pacar ─‿‿─) tidak pernah lagi merayakan dan memberikan kejutan kado saat hari ulang tahun kami masing-masing karena kami sepakat daripada uangnya dibelikan kado lebih baik uangnya ditabung untuk NIKAH (hemat! hemat! <('o'<)~ . Alhamdulillah penghematan kado ini cukup sedikit membantu dan setelah menikah karena tanggal 12 ini suami ulang tahun jadi ingin ngasih sesuatu, tapi eh tapi keuangan bulan ini masih belum stabil karena acara pindahan ke kontrakan (╥﹏╥). Akhirnya aku berencana membuat kue, ih ribet amat bikin mending beli aja yaa tapi kan kue ini akan kubuat dengan penuh rasa cinta (tsah... ceileh ʕ•ᴥ•ʔ).
Sebenarnya dulu juga pernah bikin cake di ulang tahunnya yg ke-23, yaitu brownies kukus instan dari Pondan jadi tinggal dimixer sama coklat tim lalu dikukus deh hehehe cemen ya (maaf bu masih belum bisa masak bikin brownies instan aja masih dibantu Mamah) tapi seenggaknya untuk hiasannya murni aku buat sendiri lho, tetap ada effortnya kan (membela diri).


Coklatnya mirip kan? (iya-in aja)
Dan kali ini mau bikin cake yang levelnya naik dikit bukan yang instan lagi. Aku mau bikin cheesecake (⊙.⊙(☉̃ₒ☉)⊙.⊙) (emang bisa sepertinya diragukan akan berhasil kan susah bikinnya).
Resep chessecakenya praktis kok aku dapat dari Eugenie Kitchen, chef asal Korea yang selalu berbagi resep makanan praktis dan cake yang dihias lucu-lucu ✿◕ ‿ ◕✿ . Disini akan aku tulis ulang resepnya yang disertai terjemahan bahasa Indonesia berikut terjemahan beberapa bahan versi Lokal.

Resep No-Bake Oreo Cheesecake Cupcake
sumber: Eugenie Kitchen
Sajian untuk 6 cupcake
Bahan:
For crust, *Untuk lapisan bawahnya yang crunchy*
  • 2 oz digestive biscuits (57g)
    *Semacam kue marie, aku pilih biskuit marie susu dari Roma~ (ngomongnya pakai nada seperti iklannya :3)*
  • 2 tablespoons melted butter, melted (30g)
    *Tadinya mau beli margarin Blue Band yang mainstream tapi kata mama merk Royal Palmia lebih enak dan bener lho saat dicairkan tercium wangi yang manis (ᵕ‿‿ᵕ) cocok deh buat cake*
For filling, *Untuk isi bahan chessecakenya*
  • 5 & ½ oz cream cheese, softened (155g)
    *Sepertinya dijual di supermarket mewah yang jual barang impor, da aku mah apa atuh tongkrongannya cuma Yogya dan Borma (orang Bandung pasti tahu). Akhirnya aku ganti dengan sekotak keju Prochiz Spreadable*
  • ½ cup whipping cream, whipped (120ml)
    *Aku pakai Pondan Whip Cream, setengah dari isi kemasan*
  • ⅓ cup + 1 tablespoon confectioners' sugar (2/5 cup; 50g) *Gula tepung*
  • 4 Oreo cookies
  • 1 teaspoon lemon juice *Setara dengan setengah buah lemon*
  • ½ teaspoon pure vanilla extract
For topping,
  • 3 Oreo Cookies
 
*Untuk cara membuatnya akan aku sertakan foto hasil capture dari video Youtube Eugenie Kitchen*
Cara:
Crust
- Siapkan cetakan dan kertas cupcake 'papercup'.
Kalau gak punya dan ribet harus beli tapi gak punya uang (cedih kak.. ).Bisa pakai cetakan agar-agar, bolu kukus asal jangan pakai cetakan kue kering karena harus berbentuk cup (yaa..iyalah).




- Masukan 4 biskuit Oreo ke dalam plastik klip (seperti plastik obat, namun dengan plastik biasapun bisa). Hancurkan secara kasar dengan penggiling adonan 'rolling pin'.
- Lakukan hal sama pada biskuit marie. Namun untuk biskuit ini hancurkan sampai halus seperti remah (bukan sehalus butiran debu ya :p)




- Campurkan remah-renyah biskuit marie ini dengan margarin cair di dalam mangkuk, aduk hingga merata (suka saat bagian ini soalnya wangi dan pengennya aku cemil sendiri aja *loh). Kemudian tuangkan ke dalam masing-masing papercup, kira-kira satu sendok makan tiap papercup lalu tekan hingga mengeras dan diamkan di dalam lemari es.

Filling
- Kocok whipping cream dengan kecepatan tinggi selama 6-7 menit (pakai mixer ya, pegel 1000 tahun lamanya kalau dikocok manual sis) sampai mengembang, kental dan lembut.

- Campur cream cheese/keju oles Prochiz, gula tepung, esen vanila dan jus lemon (zat asam pada lemon bisa memadatkan adonan dan mengurangi rasa eneg pada cheesecake). Aduk hingga rata, tekstur keju oles ini lebih padat dari cream cheese jadi bisa memakai bantuan mixer bila menginginkan tekstur adonan yang lebih halus. Kemudian masukan whipping cream kocok dengan mixer.

- Setelah semua tercampur rata, masukan biskuit Oreo yang telah digiling kasar kemudian aduk kembali.
 
- Masukan adonan ke dalam papercup yang telah teriisi remah biskuit marie yang mengeras. Tekan dengan sendok untuk membuat permukaan atas yang rata. Dinginkan dalam lemari es semalaman (
± 8 jam)

Topping
- Masukan 3 sisa biskuit Oreo ke dalam plastik klip, giling sampai halus. Lalu taburkan diatas cupcake.

 - Untuk taburan berbentuk hati, buat lubang hati yang menganga eh lubang berbentuk hati di kertas. Taruh di atas cupcake lalu taburkan gula tepung diatasnya.
 Taraaa!!! lucu ya hasil akhirnya lope ~ lope ♥ ♥ ♥ ♥
 
Dan hasil karyaku seperti ini
Muka girang yang dibuat-buat haha
Baru kali ini aku bikin kue bener-bener sendiri tanpa bantuan Mamah dan berhasil, alhamdulillah (≧ω≦)




No comments:

Post a Comment